Selamat Hari liburan Urbaners. Sudah sejak lama Pantai anyer telah menjadi destinasi liburan alternatif untuk masyarakat sekitar Banten seperti jakarta, bogor, bekasi dll. Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh menjadi faktor utama bagi daerah wisata Pantai anyer untuk dijadikan  tujuan lain jika puncak bogor dan destinasi lainya seperti biasanya mengalami kemacetan yang cukup parah. 

Tak menutup kemungkinan jika bertepatan dengan hari libur nasional, lebaran dan tanggal merah lainnya, kawasan wisata pantai anyer juga mengalami kemacetan yang cukup panjang. untuk urbaners yang baru pertama kalinya dan berniat mengunjungi kawasan pantai anyer, 5 tips ini bisa menjadi referensi agar liburanmu berjalan efektif dan menyenangkan :

1. Memilih jam/waktu keberangkatan yang tepat

pagi, siang ,atau sore? Untuk berkunjung ke wilayah anyer, disarankan untuk berangkat pagi hari sekitar pukul 6.00 WIB dari kota serang, di karenakan jika terlalu siang, kita akan menghadapi suasana jalanan yang cukup panas dan mulai dipadati oleh kendaraan kendaraan industri. selain itu dengan berangkat dipagi hari,kita akan memiliki banyak waktu untukmenikmati suasana Pantai Anyer.

2. Jalur Alternatif

Kawasan Wisata Pantai Anyer bisa di tempuh dari tiga jalan umum, yaitu melalui :

  • Jalan protokol Cilegon – Anyer

Rute ini akan lebih banyak melalui jalan utama kota cilegon. Sepanjang perjalanan, Urbaners akan disuguhi pemandangan kota  cilegon dan melewati pabrik baja terbesar di Asia Tenggara. Satu hal yang akan kita temui jika memilih rute ini, yaitu kita akan sering berpapasan dengan kendaraan industri juga bus karyawan sepanjang perjalanan menuju kawasan wisata Pantai Anyer.

  • Lingkar Selatan

Rute ini telah menjadi salah satu pilihan favorit bagi Urbaners dari kota Serang dan Jakarta. Posisi jalan ini terletak di dekat pintu keluar Tol Cilegon Timur, dekat komplek PCI dan daerah Serdang. Jalur ini menghubungkan Kota Serang dan Anyer melalui jalan yang dibangun dengan membelah bukit. Sepanjang perjalanan, kita masih bisa melihat pemandangan hijau di beberapa sudut bukit. Kita harus sedikit berhati hati jika melalui rute ini. Jalanan yang sedikit berlubang serta warga yang berlalu lalang di beberapa persimpangan, menuntut kehati hatian kita agar tetap selamat sampai tujuan.

  • Via Gunung Sari

Sajian gunung yang asri serta alam yang indah akan terasa sepanjang perjalanan jika kita memilih rute ini. rute ini memang tidak terlalu akrab bagi wisatawan dari luar provinsi Banten. Rute ini lebih sering digunakan oleh wisatawan lokal. khususnya yang berasal dari wilayah serang. jalur ini dipilih karena karena langsung menghubungkan kota serang dengan anyer dan dirasa lebih singkat.  jika urbaners berniat melawati jalan ini, urbaners bisa memulai dari perempatan brimob kec.taktakan ( kota Serang ) dan akan sampai di pasar anyer ( Kawasan Anyer )

3. Memilih Pantai

Sepanjang kawasan wisata anyer, urbaners akan disajikan berbagai jenis pantai di sepanjang jalan. Ada pantai umum dan beberapa lainnya ada yang telah menjadi bagian dari hotel yang dibangun.

Pantai umum yang biasanya banyak dikunjungi adalah pantai Tambang Ayam dan sekitarnya. Pantai ini memiliki pasir yang bagus dan pemandangan yang indah. Tetapi jika musimliburan tiba, pantai ini akan selalu penuh dan kita akan kesulitan masuk karena area parkir kendaraan yang terbatas.

Jangan terlalu terburu-buru memilih pantai, karena banyak pilihan pantai lain yang juga indah.

Jika Urbaners belum menemukan pantai yang cocok di awal perjalanan, masih banyak pantai yang bisa dikunjungi. Di daerah Sirih dan Cinangka terdapat juga pantai yang dapat dikunjungi. Beberapa pantai dikawasan sirih sampai cinangka bisa kamu kunjungi disini.

Dengan kondisi macet dan jalan tidak terlalu luas. Apalagi bagi Urbaners yang mengendarai mobil, diharapkan bersabar. jika ingin memutar arah, berhati hatilah. Jangan langsung memutar tanpa bersandar di sisi jalan. Kaena dikhawatirkan kemacetan akan menjadi lebih parah.

4. Harga Retribusi, Makanan dan Minuman

Tentu saja urbaners tidak mau mood liburannya berubah tiba tiba karena harus membayar biaya yang tidak dipekirakan sebelumnya. Pengetahuan tentang harga tiket masuk serta beberapa akomodasinya harus urbaners pelajari terlebih dahulu. Kawasan pantai anyer memang tidak ada yang gratis untuk masuk kepantainya, rata-rata harga tiket masuk di kawasan anyer , kendaraan roda empat sekitar 50rb – 60rb dan motor 10rb – 20rb.

Di dalam pantai maupun di luar pantai tersedia bermacam rumah makan. Akan tetapi harga yang ditawarkan berbeda antara satu rumah makan dan rumah makan lainya. Salah satu rumah makan di kawasan wisata pantai Anyer pernah menjadi sorota netizen ketika ada wisatawan harus membayar makanan dengan harga yang fantastis. Saran yang bisa Urbaners coba adalah jangan malu menanyakan harga terlebih dahulu jika harga makanan tidak tercantum.

5. Bahan Bakar

Sebaiknya urbaners mengisi cukup bahan bakar kendaraannya di daerah kota serang, lingkar selatan maupun cilegon karena hanya terdapat satu SPBU di kawasan Anyer, yaitu sehabis hotel pisita dan sebelum mercusuar anyer.

Nah, setalah membaca beberapa hal di atas, bagaimana menurut Urbaners? Semoga bisa menjadi refrensi dan pengetahuan tambahan untuk melengkapi liburan kamu. Semoga sampai tujuan dan selamat sampai ke rumah kembali.

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR