Bantenurban.com – fresh media online

Pernah melihat satuan uang yang ditulis dengan penambahan K di belakangnya? seperti 10k, 50k dan lain-lain. hal ini sering dijumpai pada media game online dan beberapa online shop.

awalnya terfikirkan hal ini berujuan untuk mempersingkat kata saja atau meminimalisir tinta kalau dalam menulis, akan tetapi ternyata ada sejarah mengapa penambahan huruf K tersebut, penasaran ? berikut sejarahnya:

“K” dianalogikan sebagai KILO yg berarti RIBU. “K” itu biasa disebutkan dalam pembahasan moneter sederhana untuk menyebut bilangan “RIBUAN” / 1000. dan hal tersebut dibawa oleh orang-orang yang mengenal huruf “K” dan menyebar luaskan istilah “K” tersebut.
kilo berasal dari kata bahasa yunani χίλιοι (chilioi) yang artinya ribu.
istilah ini diadaptasi oleh grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975 dan diperkenalkan pada sistem metrik perancis pada tahun 1979. nah sistem ini banyak diadopsi dalam berbagai macam metrik perhitungan. dan yg palig banyak digunakan hampir di seluruh dunia adalah dalam metrik byte di dunia IT. contoh 1Kbyte, 10 Kbyte, 100 Kbyte dst. nah karena game online masuk kedalam dunia IT maka yah orang2 pada dunia game online dah familiar bgt ama yg namanya kilo, mega dan giga. sehingga digunakanlah istilah “Kilo”dalam mata uang game online biar gak kepanjangan nulis.

Huruf “K” Untuk menyatakan ribuan berasal dari terjemahan Greece/Greek atau Yunani, Kata tersebut sebenarnya sudah dipakai lama dalam bangsa Yunani untuk mengartikan penanggalan atau hari ataupun kata yang menunjukan pada penghitungan , dalam bahasa Greece/Greek Kata Ribuan (Singular Verse) menggunakan kata “χίλιοι” dan “χίλια” yang dibaca “cilia” /“Chilo” dalam terjemahan bacaan. Kata ini juga dipakai dalam sejarah Gereja Katolik, dalam bentuk Septuagint atau yang kita kenal sekarang sebagai Deutorokanonika, berikut kata/kalimat yang dikutip : “Ωστόσο, αδελφοί μου, αυτό είναι ένα που δεν πρέπει να ξεχνάμε, ότι δηλαδή με τον Κύριο μία ημέρα είναι ως “χίλια” έτη και “χίλια” χρόνια σαν μία ημέρα.” Yang artinya “Akan tetapi, saudara-saudaraku yang kekasih, yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu, bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti “seribu” tahun dan “seribu” tahun sama seperti satu hari.” Dewasa Ini dalam Dunia Ekonomi Khususnya dalam Penghitungan atau Pengkodean Angka Saham Digunakan Satuan “K” (Ribuan) , “M” (Juta), dan “B” (Milyar), dan khususnya kata ini sering di pakai di negara barat untuk menyingkat nilai nominal dari suatu barang. Hal tersebut sampai ke Indonesia dan sering kita pakai dalam dunia game atau yang lainnya, Pastilah diakibatkan oleh adanya globalisasi dan Interaksi yang menyebabkan penggunaan istilah yang berlaku secara global.

K = Kilo seperti kilogram, kilometer, kiloliter,
M = Mega untuk 1 juta

mili-x ( x = satuan)
centi-x (kali 10)
desi-x (kali 10)
x (kali 10)
deka-x (kali 10)
hekto-x (kali 10)
kilo-x (kali 10)
mega-x (kali 1024)
giga-x (kali 1024)
tera-x (kali 1024)

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*