Curug di Banten selalu menjadi incaran pelancong pada akhir pekanya, Pesona Carita pun bukan hanya pantai tapi terdapat taman hutan raya yang mampu menenangkan jiwa

Jika suara kendaraan dan suara mantan membuat jiwamu tak tenang, itu tandanya kamu harus piknik ke hutan, Urbaners Banten. Pepohonan yang rapat, suara binatang hutan dan suara air terjun, akan membuat jiwamu tenang kembali.

Tugasmu sekarang adalah mengarahkan kendaraanmu ke Carita. Di sana ada Taman Hutan Raya (Tahura) Banten dengan dua curug andalan dan spot pemandangan yang menakjubkan.

tahura banten
Di samping gerbang utama bercat hijau dan bertuliskan ‘Selamat datang di Tahura Banten’ di atasnya itu, ada pos penjaga. Hentikan kendaraanmu dan isilah daftar tamu. Bayar? Tidak. Kamu tak perlu merogoh saku untuk memasuki kawasan pelestarian alam ini. Tapi, jika kamu membutuhkan jasa guide, silakan rogoh saku. Tidak besar, cuma 15 ribu. Keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari mEnggunakan jasa ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai hutan yang kamu kunjungi ini. Selain itu, jika kamu perempuan, kamu juga bisa sekalian berkenalan. Lari dari mantan, pulang dapat gebetan. Cucok, boo!

TAHURA BANTEN

Setelah mengisi daftar tamu, palingkan wajahmu ke kanan dan ke kiri. Selain pos penjaga, ada dua bangunan tanpa atap yang selalu telanjang. Kamu boleh berfoto di sana. Sebab kamu akan lupa waktu jika kamu sudah berada di dalam hutan. Setelah berfoto, kembalilah ke kendaraanmu lagi. Perjalanan menyenangkan akan segera dimulai.TAHURA BANTEN

Jarak dari gerbang utama ke tempat parkir di tengah hutan itu bisa memakan waktu. Silakan luangkan waktu untuk menengok ke kanan dan kirimu. Jika beruntung, kamu akan melihat binatang penghuni hutan ini, seperti burung dan monyet, atau binatang lainnya. Tidak perlu terburu-buru, kamu bisa membuka bekal di salah satu gardu sembari mengintip lepas pantai Carita dari rimbun pepohonan. Jika sudah dirasa cukup, silakan lanjutkan perjalanan. Tempat parkir masih jauh di depan.

Di tempat parkir, ada warung tenda dan gardu lainnya. Jika lapar menyerangmu lagi, kamu bisa memesan mie instan, kopi dan camilan lainnya. Jangan lupa, baca peraturan yang ditempel di dinding, sebelum kamu berjalan menuju kedua curug. Kamu akan menghabiskan waktu 30 menit jika hanya berjalan tanpa memotret dan membuat video untuk sampai di Curug Gendang. Kamu bisa memilih berada di bawah air terjun Curug Gendang, atau di bagian atas untuk memudahkanmu menuju Curug Putri.

momen

Perjalanan menuju Curug Putri tidak lebih lama dari area parkir menuju Curug Gendang. Dekat. 10 menit, jika kamu bisa berjalan cepat. Tapi akan lebih lama jika kamu sambil memikirkan mantan pacar. Karena itu, tidak disarankan untuk berpikir: betapa menyenangkannya berada di antara dua tebing yang berurat dan air yang mengalir deras di Curug Putri. Jika kamu tidak bisa berenang, lebih baik minta pelampung pada guide.curug-putri

Sebelum masuk kawasan Curug Putri, titipkan barang-barangmu pada petugas yang akan memberimu plastik hitam untuk tempat tas dan barang bawaanmu. Jika ingin membawa gadget, bungkuslah dengan plastik khusus. Lebih bagus lagi jika kamu membawa kamera waterproof. Kamera itu akan memuaskan hasratmu mengabadikan momen mandi yang memadai di Curug Putri dan juga bisa kamu publish ke Instagram dengan hastag #explorebanten kesempatan karya kamu bakal difeatured setiap harinya. Tapi, ingat waktu ya. Jangan sampai kamu tertinggal di dalam hutan dan mengabaikan keselamatan dirimu sendiri. Selamat bergembira di Tahura.

Tulisan : Uthera Kalimaya
Illustrator : Rendi Dp
Photo : Antave

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR