Halo, urbaners. Tahun 2016 ini bisa dikatakan sebagai tahun kebangkitan kembali Hip Hop di Indonesia. Para punggawa Hip Hop generasi baru bermunculan dengan berbagai sajian yang asyik buat telinga dan mata. Di sisi lain, kontroversi juga muncul baik dari karya maupun perilaku para pelakunya. Sebut saja, Young Lex. Rapper muda yang berambisi menjadi King of Hip Hop Indonesia ini seperti cabai dalam gorengan. Pedas tapi bikin nagih.

Terlepas dari berbagai kontroversi yang dibuat lelaki bernama lengkap Samuel Alexander Pieter ini, sebenarnya Lex juga mengawali semuanya dari komunitas, urbaners. Ngomongin soal komunitas, sebenarnya Banten juga punya komunitas Hip Hop yang tidak kalah keren. Salah satunya, yang menjadi menjaga gawang Hip Hop di Serang Timur sana, CRVSBEAT. Ada Albe, leader CRVSBEAT yang bantenurban.com ajak ngobrol. Simak yuk obrolan singkatnya.

Halo Albe, bisa cerita ke bantenurban.com awal mula CRVSBEAT terbentuk?

Halo bantenurban.com. Awalnya dari perkumpulan anak-anak breakdance pada tahun 2007. Dulu namanya CRVZBEAT. Kami bermimpi membuat komunitas seni yaitu hip hop. Setelah sekian tahun berjalan, akhirnya datang teman-teman rapper dan bboy (sebutan untuk para breakdancer) yang mempunyai semangat dan konsep ide yang sama. Akhirnya kami sepakat membentuk komuniras bernama CRVZBEAT. Kebanyakan dari kita adalah talent rapper dan kita juga mempunyai tim breakdance untuk menambah warna di komunitas ini. Kalau soal nama CRVZBEAT, itu diambil dari kata CRVZ itu sinonim kekinian yang punya arti Ciruas, asal kita membentuk komunitas ini. BEAT berarti dentuman karena kita ibaratkan sound penuh dengan irama yang menghentak dan menggelegar. Maka dari itu, kita menyimpulkan arti kita para remaja muda Ciruas dan sekitarnya harus punya daya ledak semangat yang besar dalam kreativitas. Kalau udah punya itu, pasti bisa sejajar dengan kota lain juga, kok.

 

Wah, keren ya, urbaners? Untuk saat ini, kegiatan CRVZBEAT apa saja, sih? Oh ya, di tahun 2016 ini ada berapa anggota?

Saat ini kita lagi pada bikin project single lagu tiap anggota yang nantinya bakal dirlis bersama vidieo klipnya. Untuk jumlah anggota yang aktif sekarang kurang lebih dari 10 orang karena banyak yang punya kesibukan masing-masing. Tapi kalau meet up (Ketemuan) selalu ada dan memberikan support kepada para regenerasi. Untuk yang aktif dalam komunitas sekarang ada rapper dan breakdance/bboy, Jhoya dan X-ball. Koreografernya kami punya sendiri dan produser sendiri yang handle untuk urusan produksi single lagu itu ada Still-G, Tuzaro dan Agger.

bens-radiohai-day

Kalau mau jadi anggota komunitas ini, ada syarat khusus nggak? Ada usia tertentu yang tidak boleh ikut, mungkin?

Basically kita welcome, sih. Tapi kalau lihat batasan usia, kita biasanya menerima pelajar dan mahasiswa sekitar usia 17-20 tahun ke atas. Intinya yang mau belajar nge-rapp dan nge-bboy, kami sih welcome aja.

 

Biasanya kalau CRVZBEAT kumpul, apa aja sih yang dilakukan? Ceritain juga dong kegiatan di 2016 ini.

Kalau meet up, paling kita ngobrolin masalah project produksi lagu, kirim demo lagu ke radio, kerjasama dengan Event Orgaziner (EO). Kalau rencana di 2016 paling cuma isi undangan acara disekolah, kampus ama acara brand sponsor aja.

 

CRVZBEAT pasti sudah banyak prestasi, kan? Nah, ada prestasi yang paling membanggakan?

Prestasi yang membanggakan itu semua yang pernah kita raih, baik di tingkat kabupaten dan Kota Serang maupun di Provinsi Banten. Tapi kalau yang paling membanggakan banget itu, kami pernah berturut-turut menjadi juara kompetisi rapp tingkat Provinsi Banten dan mewakili Banten untuk kompetisi rapp tingkat nasional pada tahun 2008, 2010 dan 2014. Dan yang paling luar biasa, kita pernah meraih juara ke-3 kompetisi rapp tingkat nasional pada 2014. Hehe. Tambahan juga, kita pernah menjadi pengisi acara ulang tahun Jakarta di Pekan Raya Jakarta 009, Hai Day 014, Jakcloth 016, Bens Radio Jakarta, Rolling Stone Café, Road Axiz to Soulnation di Jakarta dan Parade Hip Hop se-Indonesia di Tangerang. juga kita pernah menjadi pengisi acara di ulang tahun Jakarta tepatnya di Pekan Raya Jakarta 009, Hai Day 014, Jakcloth 016, Bens radio Jakarta, Mstri Radio Jakarta , Rolling Stone café Jakarta, Road Axis to Soulnation di Jakarta dan parade Hip Hop se-Indonesia di Tangerang.

 rolling-stone-cafe-1

Woah! Banyak banget. Oh ya, CRVZBEAT pernah punya album, kan? Bisa ceritakan prosesnya? Apa ada tempat khusus buat dengerin lagu hasil produksi CRVZBEAT?

Kita pernah bikin album indie yang diproduksi ama sendiri pada tahun 2013 yang kita beri nama ‘ Love In East Side’ prosesnya lumayan cape secara produksi sendiri baik dari proses administratif ama budget belum konflik kecil sesama teman juga yang jadi bumbunya pokonya ya gitulah… Kalo untuk untuk dengerin hasil produksi lagu coba di revernation ama souncloud soalnya masing-masing personil punya link lagu sendiri coba cek disini kalo untuk semua para talent: www.reverbnation.com/cruzbeatofficial

 

Tahun 2017 bentar lagi datang, apa sudah ada agenda besar yang bakal dilakuin CRVZBEAT?

Agenda untuk 2017 kita tidak punya big plan tapi masih rahasia, ya. Yang terpenting kita selalu konsisten di jalur komunitas Hip Hop dan selalu aktif dalam produksi

 

Menurut Albe, perkembangan Hip Hop di Banten saat ini gimana? Nah, cara Serang East biar tetap eksis itu seperti apa?

Kalau untuk Hip Hop skala Banten sih, udah mulai bagus progresnya. Itu bisa dilihat dari banyaknya aktivitas Hip Hop yang selalu eksis dalam beberapa gigs ataupun workshop tentang Hip Hop. Harapan kita sih semuanya terus berjalan nggak berhenti sampai di situ. Cara kita untuk tetap eksis ya, konsisten dengan produksi kreatif kita. Jangan cepat puas dan selalu berproses. Karena proses adalah segalanya dan tidak akan membohongi hasil. Satu lagi, banyak komunikasi dan silaturahmi sesame aktivis komunitas Hip Hop di luar provinsi juga itu yang utama.

albe-1

Yang terakhir nih. Harapan Serang East buat perkembangan Hip Hop di Banten?

Jangan takut untuk berproses dalam komunitas Hip Hop untuk menjadi yang terbaik. Karena sesungguhnya prestasi dan track record lebih penting dibanding harus eksis aja tapi kosong penghargaan dan proses berkreativitas. Intinya, jangan berhenti.

 

Terima kasih atas waktunya, Albe. Semoga sukses buat single terbarunya.

Aamiin. Sama-sama, bantenurban.com. Terima kasih juga udah ngobrol bareng kita.

 

Psst! Urbaners, kamu bisa kepoin leader CRVSBEAT juga, nih.

Nama                    : Albe

Posisi                    : Leaders

Band                      : Saintcruz

Facebook            : Albe Iku Banie

Twitter                 : AlbeIsBanie

Path                       : Albe Biggie

Intagram              : albeisbanie

Hobby                  : PES Game & Football Addict

Idola                      : The Notorius B.I.G, Iwa K, Naughty By Nature, Wu Tang Clan, Run DMC, Puff Daddy

Klub Favorit       : Manchester United & Perserang

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR