Menjadi Tuan Rumah Kompetisi Extreme Sport Terbesar di Indonesia, penggiat olahraga dan urbaners muda Banten mendapat kesempatan untuk berunjuk gigi. Sebuah atraktif bercampur kreatifitas akan terjadi di provinsi Banten.

Pada tanggal 24 Agustus 2016, bertempat di Salbai House 34 Serang Banten, Sebuah kabar baik datang dari sebuah konferensi pers yang diadakan oleh penyelenggara IOXC. Acara konferensi pers tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Kemenpora RI, Dispora Kota Serang, Asosiasi BMX Indonesia, Federasi Skateboard Indonesia, FORMI Banten, dan IOXC Nasional Team. Kabar baik ini sangat mengejutkan terutama untuk komunitas BMX, Skateboard, dan Inline Skate di Banten, khususnya di Kota Serang dan Sekitarnya karena penyelengaraan IOXC untuk tahun 2016 ini akan dilaksanakan pada tanggal 31 September – 2 Oktober 2016 di Kota Serang.

FYI IOXC adalah singkatan dari Indonesia Open X-Sport Championship. Acara berskala intenasional ini merupakan sebuah kompetisi bagi olahraga extreme dengan berbagai kelas yang diperlombakan di dalam rangkaian acaranya. IOXC sendiri telah beberapa kali dilaksanakan sebelumnya. Tahun tahun sebelumya, acara ini telah diselenggarakan di Bali, Bandung, Makassar, Palembang, Yogyakarta, Semarang, dan kali ini giliran kota serang yang menjadi tuan rumahnya. Acara ini pula merupakan ajang seleksi bagi rider berbakat yang kelak akan diperlombakan pada ajang Festival Olahraga Ekstrem Internasional (FISE).

IOXC sangat bergengsi di ruang lingkup komunitas olahraga ekstrem di asia, karena dalam satu arena lomba dilombakan tiga jenis disiplin olahraga sekaligus. Selain itu dilihat dari jumlah total hadiah yang ditawarkan, angka yang ditawarka penyelenggara sekitar Rp. 400 Juta merupakan nominal terbesar bagi extreme sport di seluruh asia. Hal tersebut merupakan upaya Kemenpora dalam mendukung komunitas olahraga ekstrem yang ada di Indonesia. Dalam acara tersebut, tidak hanya olahraga yang menjadi bagian utama. Konsep Sportainment yang ditawarkan oleh penyelenggara, memuat pula konten acara seperti penampilan band dan DJ, Bazaar, serta UKM yang merupakan bagian dari komunitas yang ada.

baca: https://bantenurban.com/galeri-riders-nasional-berlaga-di-ioxc-2016-banten/

untuk IOXC 2016 ini, penyelenggara berharap ada sekitar 350 peserta yang terlibat dari dalam dan luar negeri. Karena pada penyelenggaraan sebelumnya, acara IOXC juga dihadiri oleh pemain pro dari amerika, eropa, jepang, dan beberapa Negara lainnya. Dari acara ini penyelenggara berharap akan ada regenerasi juara juara olahraga ekstrem lainnya. Menyusul para juara yang sebelumnya seperti ; Januar Susanto (Botai) dalam cabang BMX Flatland dan Sanggoe dalam cabang Skateboard Amatir.

Hal tersebut senada dengan harapan salah seorang skateboarder, Rinaldi Dwi Okta, yang juga hadir saat konferensi pers “semoga dengan dijadikannya Kota Serang sebagai tuan rumah IOXC 2016 ini, akan membawa dampak positif bagi komunitas olahraga ektsrem yang ada di Kota Serang serta semakin banyak bibit-bibit muda yang kelak menjadi atlet olahraga ekstrem nasional bahkan internasional”.

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR