Foto Berbagai Sumber

“Motorku hilaaaaaaaaang!!!” begitu kata tetangga ketika motornya dicuri orang.

Duh, urbaners, bayangkan kalau kendaraan yang urbaners dicuri orang! Sedih bukan? Kegiatan sehari-hari urbaners yang membutuhkan kendaraan jadi terganggu. Apalagi ketika si “doi” minta jemput atau jalan-jalan dan urbaners Cuma bisa bilang “motor aku hilang, yang”. Wah! nggak asik, dong. Kesempatan anda hilanglah sudah.

Urbaners, tindak kriminal pencurian motor saat ini sudah semakin marak. Motor diparkir sebentar, ketika kembali lagi, ternyata sudah raib. Jika urbaners rajin melihat berita televisi, pasti ada saja setiap harinya berita seperti itu. Sepertinya para pelaku curanmor semakin lihai dan cepat saja dalam beraksi.

Nah kalau urbaners kebetulan adalah salah seorang korban tindak kejahatan curanmor, pastilah urbaners tahu ke mana harus melapor. Yaps! Ke pihak berwajib tentunya. Khususnya ke bagian satuan reserse kriminal. Tapi terkadang kita bingung, apa saja sih yang harus kita lengkapi ketika melaporkan kendaraan kita yang hilang karena dicuri?

Tenang, urbaners, kali ini bantenurban.com  akan memberikan informasi tentang apa saja yang harus urbaners bawa ketika melaporkan hal tersebut ke kantor polisi. Ketika ditemui di Satreskrim Polres Serang, IPTU Ilman Robiana (40) menjelaskan apa saja yang harus dibawa ketika melaporkan kehilangan motor akibat tindakan pencurian.

Segera Datang ke kantor kepolisian terdekat

Datang langsung kebagian informasi dan pelayanan…baik Polsek, Polres, ataupun Polda

Persiapkan dan Bawalah Surat-Surat kendaraan

Dokumen yang dibawa minimal surat-surat kendaraan, contohnya STNK dan BPKB. Kalau tidak ada BPKB dan masih dalam proses kredit, dibawa juga surat keterangan dari pihak leasing. Selain itu dibawa juga kunci kendaraan bermotor yang hilang. Hal tersebut digunakan untuk barang bukti nanti kalau tersangka ini terungkap.

Bawalah saksi

Selain itu harus ada saksinya, saksi yang mengetahui bahwa kendaraan tersebut hilang.

Melapor dan dibuatkan BAP

Selain itu setelah segala dokumen dilengkapi, pelapor akan dibuatkan BAP atas pelaporannya, jangan lupa urbaners juga sertakan nomor telepon yang bisa dihubungi nanti oleh pihak kepolisian ketika dimintai keterangan nya.

Selama Proses pencarian Barang oleh kepolisian

Nah, urbaners kelak akan dihubungi jika ada pelaku curanmor yang tertangkap beserta barang bukti kendaraan bermotor yang dicurinya. Siapa tahu kendaraan urbaners juga termasuk dalam barang bukti yang dikumpulkan pihak kepolisian.

Ini Gratis!

Nah urbaners hal tersebutlah yang harus urbaners lengkapi ketika ingin melaporkan kehilangan kendaraan bermotor akibat tindak pencurian. Dalam hal melporkan kehilangan kendaraan bermotor, urbaners tidak perlu khawatir dengan biaya yang akan urbaners keluarkan. IPTU Ilman juga menambahkan bahwa dalam hal pelaporan ini tidak ada pungutan biaya.

“masyarakat laporan, terkena musibah, masa dipungut biaya?! Enggak ada itu, tidak ada pungutan biaya” tambah beliau.

Nah, sekarang urbaners tahu kan ke mana harus melapor dan apa saja yang harus dibawa ketika ingin melaporkan kendaraan urbaners yang hilang karena tindak pencurian?! Tapi siapa juga sih yang ingin kendaraannya hilang? Oleh karena itu, berhati-hati lah dalam menyimpan kendaraan kesayangan urbaners, ya.

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR