“Barisan Puisi Ini, Adalah yang Aku Punya, Mungkin Akan Kau Lupakan Atau Untuk Dikenang”

Sesuai lirik lagu tersebut, “Untuk Dikenang”, sepertinya malam sumpah pemuda pada 28 Oktober 2016 harus dikenang oleh “Gingerboys” dan “Gingerbabes” sapaan akrab para pengunjung “Ginger Box Food n Fun”. Bukan tanpa alasan, karena memang Ginger Box dengan sangat spesial kedatangan penyanyi asli yang melantunkan lirik lagu tersebut.

Yuuuup, Pongki Barata sang empu dari lagu tersebut hadir di tengah kerumunan pengunjung yang sedang asik-asiknya menyantap kudapan yang mereka pesan. Mendadak Jumat malam tersebut menjadi malam yang begitu akrab dan hangat di Café yang sangat booming di Serang selama tiga bulan belakangan ini.

Pengunjung yang tadinya sedang asik dengan obrolan dan makananya masing-masing sontak terkejut ketika melihat sosok Pongki Barata sudah berada di atas panggung dengan menenteng gitar dan mulut yang sudah berada di depan mic. Tanpa basa-basi salah satu legenda musik di Indonesia ini mulai menyanyikan salah satu lagu andalannya yang juga sempat di cover oleh Tulus yaitu “Seribu Tahun Lamanya”.

Respon pengunjung? Ketika pengunjung baru mendengar bait pertama lirik lagu yang diawali kata “Bila” ini saja sudah langsung riuh dan akhirnya ikut berdendang sampai lagu ini usai.

Tunggu tunggu tunggu, bukan sampai lagu ini usai, tapi sampai acara ini usai pengunjung terus ikut bernyanyi! Wow!

1477828058916

 

Beruntung bagi Ginger Box, karena berdasarkan penuturan langsung dari om Pongki, bahwa kunjungan ke Ginger Box merupakan kunjungan yang pertama kalinya ke kota Serang. Dan yang lebih spesialnya lagi bahwa kunjungan pria kelahiran Pontianak 38 tahun yang lalu ini ke Serang merupakan salah satu rangkaian promosi album baru dirinya yang rencanaya akan berjudul “Rahasia”.

“Iya seinget saya ini pertama kalinya saya ke Serang. Dan ya album baru saya yang berjudul Rahasia sudah rampung. Kalau yang sama The Dance Company, kemungkinan Januari lah album barunya,” Tutur pria yang akrab disapa Pongki Jikustik ini.

 Soo this is “RahasiaTour” hmmm pantesan datengnya juga mengejutkan hehe.

DSC_0259

Dengan suasana malam yang begitu hangat, Pongki Barata memang benar-benar sukses membuat penonton yang hadir di Ginger Box bernostalgia dengan lagu-lagu miliknya yang tentunya begitu akrab untuk dinyanyikan bersama. Lirik-lirik yang begitu dalam dari setiap lagunya sangat sukses menghipnotis pengunjung pada malam itu. Ditambah dengan aksi panggung yang diimbangi dengan canda ini mampu memecahkan suasana pada malam itu.

Ada satu momen yang sangat menarik dari aksinya malam itu, yaitu ketika om Pongki meninggalkan mic nya di panggung dan turun langsung ke tengah kerumunan penonton hanya dengan membawa gitar akustik. Apa yang terjadi? Om Pongki berdiri di atas bangku kayu di tengah kerumunan pengunjung dan dirinya memutuskan bernyanyi bersama di sana.

“Pertama suasananya disini asik buat akustikan, terus crowd nya juga dapat banget tadi. Jadi saya nekat buat turun ke tengah agar lebih dekat dan berasa dengan penonton,” tuturnya

Malam yang penuh harmoni ini membuat penonton menjadi begitu dekat satu sama lain. Terlihat dengan antusias penonton yang sangat menikmati suasana dan tidak ragu untuk bernyanyi bersama pria yang sudah mempunyai dua orang putra ini. Menurut Rizky Hamdan (17) sebagai salah satu penonton yang menikmati acara hingga selesai ini mengungkapkan kegembiraannya dengan kedatangan Pongki Barata ke Ginger Box.

“Aksi panggungnya keren, dan lagunya siapa sih yang ga tau. Padahal Cuma akustikan tapi bisa keren gitu. Ya keren lah malem ini bisa datengin penyanyi dan pencipta lagu yang bisa dibilang legenda,” tutur Rizki yang mengaku tekejut dengan kedatangan Pongki ini.

Suasana yang sangat menyenangkan di malam itu tidak hanya dirasakan oleh para pengunjung Ginger Box saja, tapi dirasakan juga oleh pemeran utama di malam itu yang sudah berhasil menghipnotis semua pengunjung café.

“Rencana awal saya hanya akan membawakan lima lagu saja loh, tapi karena di sini asik saya jadi membawakan delapan lagu, saya jadi keenakan hehe,” Tutur pria yang di bulan november depan ini akan berusia 39 tahun.

Yup total delapan lagu hits Pongki Barata mulai dari Seribu Tahun Lamanya, Maaf, Setia, Untuk Dikenang, Saat Kau tak Disini, Seperti yang Kau Minta, Selamat Malam Dunia, dan satu lagu terbaru miliknnya yang berjudul Cinta Itu Merelakan.

1477828084002

Om Pongki pun malam itu bercerita sedikit dibalik terciptanya lagu terbarunya “Cinta itu Merelakan Bukan Meninggalkan” yang diakuinya terinspirasi dari pengalamannya dengan sang istri.

“Kalau anda benar-benar mencintai seseorang jangan ditahan, sebagai laki-laki ingin cita-cita istrinya tercapai. Nah jadi dia harus pergi ke Amerika buat sekolah disana. Nah kita justru harus melepaskannya, berikan sayap biar cinta yang membawanya terbang tinggi. Konsep mencintai bukan mengikat, tapi merelakan,” tutupnya.

Duh meleleh ga urbaners denger cerita dan kata-kata om Pongki? Wajar sih kalo lagu-lagunya ngena banget hehehe.

Soo urbaners, kalian sebenernya bisa dibilang rugi sih kalau kemarin ga sempet dateng ke Ginger Box, karena melewatkan momentum berjumpa dan bernyanyi bareng sama musisi sekelas Pongki Barata. Tapi tentang aja, Bantenurban.com dapet bocoran katanya sih bakal deket-deket ini bakalan ada acara lagi disana hehehe.

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR