Halo urbaners, ada yang mengatakan “Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang di bayar”, hmmm sepertinya kutipan tersebut memang harus kita amini. Bagaimana tidak, ketika kita dapat mengikuti passion, lalu karya kita di hargai, karya kita di apresiasi, dan karya kita dibayar pula, jelas hal tersebut merupakan sesuatu yang membanggakan buat diri kita bukan?

Mulyana (23) seorang art designer dan Ilustrator muda asal Serang, Banten adalah salah satu contoh nyata bahwa menyenangkannya jika kita bekerja atas dasar passion. Umur memang masih muda, tetapi kalau soal prestasi? Hmm sosok yang akan kita share kali ini ternyata mempunyai prestasi yang tidak bisa dianggap remeh loh urbaners.

Sedikit melihat kebelakang bagaimana Mulyana bisa terjun dalam dunia art design  ini. Ia memilih kuliah jurusan Design Komunikasi Visual (DKV), jurusan yang Ia senangi, hal tersebut merupakan salah satu Bukti keseriusan dirinya dalam dunia design grapich. Ia bercerita bahwa sejak kecil memang suka dengan dunia gambar-menggambar, tetapi baru pada SMA akhirnya ketika bertemu seorang temannya Ia akhirnya mulai serius belajar dunia art design ini.

“Dari kecil emang suka ngegambar sih, baru pas SMA tahun 2010 kalo ga salah, ngeliat temen gua namanya Tian Munggaran, yg punya despel nah disitu gua mulai serius belajar. Mulai serius make beberapa tools juga. Semua awalnya sih otodidak. Sampe akhirnya mutusin buat kuliah ngambil jurusan DKV buat belajar lebih dalem lagi,” tutur pria yang biasa disapa Mul ini.

Salah Satu Karya Mul, Serem ya Urbaners hmm
Salah Satu Karya Mul, Serem ya Urbaners hmm

Bagai gayung bersambut kata terjawab, Mul sepertinya memang sudah ditakdirkian untuk medalami dunia art design ini di Kota Bandung, yang menurut beberapa pendapat adalah salah satu kota dimana tempatnya manusia-manusia kreatif di Indonesia. Disana Mul belajar design graphic di Jurusan DKV Fakultas Seni Universitas Komputer (Unikom) Bandung. Sampai akhirnya lulus pada September 2016 ini.

Salah satu cerita menariknya adalah pada pertengahan 2014, ketika Ia masih menjadi mahasiswa di Unikom, dimana salah satu karyanya yang ia bilang ‘karya iseng’ berhasil menjadi sorotan. Bagai mimpi disiang bolong, Notifikasi handphone Mul menendakan kalau ada email masuk, tak disangka email tersebut mengatasnamakan diri mereka “Lifehouse”, Salah Satu Band Rock asal Los Angeles Amerika.

Isi pesannya simple, disitu dijelaskan kalau mereka menyukai design yang Mul ikut sertakan dalam sayembara cover Album mereka. Dan mereka akan memakai design tersebut.

“Waktu itu tahun 2014 ada yang ngeshare kalau ada kontes sayembarannya, dari situ nyobain. Tertariknya mah awalnya liat hadiahnya gede hahaha. Ga berharap lebih juga sih waktu itu, kan banyak banget yang ikut jadi ga nyangka aja bisa menang haha,” tuturnya.

Lanjut bercerita, Mul mengatakan bahwa cukup banyak inspirasinya dalam membuat cover yang melejitkan namanya tersebut, salah satunya yang seharusnya mampu membuat seluruh masyarakat Banten ikut bangga adalah Ia menyebutkan bahwa Batik Banten merupakan salah satu inspirasinya dalam membuat karyanya tersebut.

“Inspirasinya waktu itu lebih ke tato sama old school . Tapi ada satu karya bekas penugasan kuliah juga tentang Batik Banten nah akhirnya gua masukin unsur Batik Banten disana,” tutur pria kelahiran asli Serang ini.

Karya Mul yang Dijadikan Cover Album Lifehouse
Karya Mul yang Dijadikan Cover Album Lifehouse

Mul boleh saja mengatakan kalau dirinya saat itu iseng, tetapi jika mendengar ceritanya lagi kalau ia sempat mempelajari ketentuan yang ada dalam kontes sayembara tersebut dan riset pencarian refrensi yang cukup menyita waktu menandakan tak ada sesuatu yang mudah diraih.

Banyak Belajar dari Art Designer Italy

Menggarap Cover sebuah album band ternama diakui Mul adalah awal dari datangnya banyak projekan lainnya. Sesekali waktu Mul mengatakan dirinya juga sibuk menggarap desain-desain untuk band luar lain, entah itu untuk cover album maupun desain kaos mereka.

Bahkan projekan terbaru dan menurtnya yang paling berkesan adalah, ketia Ia berkesempatan untuk berkolaborasi dengan salah satu designer asal Italia. Disitu dia diminta khusus untuk membantu designer tersebut menggarap beberapa desain untuk beberapa brandnya.

“Mereka tuh lebih profesional banget, kerja sekecil apapun dihargain. Dia tuh udah ngehandle 7 brand yang bisa dibilang branded di italy. Dari Indo saat ini gua doang, dan sengaja dia ngajak gua. Kita komunikasi dan konsul via WhatsAap. Makanya gua pengen ngajak temen gua juga biar ngerasaain kerjasama bareng designer luar,” terang pria yang berkeinginan mempunya usaha agensi desain sendiri ini.

Beberapa Karya Mul yang Lainnya
Beberapa Karya Mul yang Lainnya

Mungkin sebelumnya belum banyak yang mengetahui karir dan prestasinya dalam dunia art designer. Jangan kan itu, untuk mengetahui lelaki yang biasa disapa Mul saja mungkin kita masih asing. Tapi akhirnya kali ini kita dapat belajar dari sosoknya bahwa, kita perlu melakukan apa yang kita sukai dan tentunya dengan dibarengi keseriusan untuk menggapai hal tersebut. Bukan perkara uang, tetapi menyoal penghargaan karya yang akan terus diingat sehingga melegenda.

“Serang ada pontensi banget, yang disayangkan itu ya penghargaan dalam bidang kreatif tuh yang masih sedikit. Belajar desain itu susah susah gampang, ya gimana passion. Ga cuma di dunia desain ya, semuanya itu gimana kemauan kitanya. Kalo di dunia desain banyakin refrensi intinya,”

“Kalo serius di dunia desain ya kalo bisa sekolah juga milih jurusan DKV. Soalnya pandangan anak DKV itu beda, lingkungan juga berpengaruh, makanya harus belajar terus,” tutup mul.

Karya Mul yang Lainnya Berjudul Meditation
Karya Mul yang Lainnya Berjudul Meditation

Naah urbaners sosok kita kali ini sangat menginspirasi kan? Coba urbaners bayangkan jika seorang Lionel Messi dahulu dipaksa menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil, atau John Lennon mengikuti kemauan orang tuanya untuk gabung kedalam satuan tentara Inggris, apakah mereka akan menjadi legenda seperti saat ini? Sepertinnya tidak hmmm.

Sedikit mengutip perkataan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, “When you work with passion, good things will come. And do your creativity to change your society”. Gitu katanya hehehe. Soo, ayo anak muda Serang, mulai sekarang berlomba lah dalam hal-hal kreatif dan positif!

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR