“nggak perlu disuruh-suruh lagi. Tetap bekerja tapi tetap santai”

Halo, urbaners. khususnya untuk kalian yang tinggal di kota Serang dan sekitarnya. Sebelumnya gue bakal nanya sama lo semua. Ada yang akrab dengan band Sploist? Hooliglam? Maxibilly Barber Shop, atau bahkan Brave. Inc? nah! Sosok yang akan dibahas di Banten Urban kali ini adalah salah satu orang yang ada di balik itu semua. Seorang lelaki yang memiliki nama asli Maxmilian Rizal ini, kali ini bersedia untuk meluangkan waktunya untuk dibikin repot oleh Banten Urban.

Kalau ada yang belum tau juga, nih Banten Urban punya sedikit info tentang beliau. Maxmilian Rizal atau mungkin kita biasa mengenalnya sebagai Om Ache, seperti yang Banten Urban sebutkan sebelumnya, merupakan salah satu personil dari Band Sploist, pemilik Maxibilly Barber Shop, Hooliglam, juga Brave Inc. Hooliglam dan Brave Inc. merupakan brand dari produk fashion lokal kota serang.

Band Sploist sendiri merupakan Band SKA asal Kota Serang yang nggak bisa lagi dipandang sebelah mata. Jam terbang yang tinggi, dan lagu lagunya sudah banyak dikenal masyarakat kota Serang. Penikmat musik di kota Serang, khususnya genre Reggae dan SKA, sudah pasti berdansa di depan panggung ketika band ini membawakan lagu-lagunya di panggung. Nah, Om Ache sudah seperti konduktor ketika di atas panggung, yang dapat membawa penontonnya kedalam atmosfer yang asik untuk berdansa.

Untuk maxibilly Barber Shop sendiri, Om Ache adalah pemilik sekaligus terlibat dalam kesehariannya menata rambut pelanggan yang datang. Urbaners akan disambut keramahan Om Ache ketika datang ke barbershop miliknya. Rata-rata yang becukur rambut di sini memilih gaya rambut yang old school, tapi bukan berarti gaya rambut yang lain tidak dilayani. Mau cukur rambutmu dengan model seperti apa? Maxibilly will do the best! Selain menyediakan jasa cukur rambut, di Maxibilly Barbershop Urbaners bisa membeli berbagai jenis pomade yang Urbaners butuhkan.

Berdikari Tanpa Dasi

Nah, urbaners, yang membawa banten urban ke tempat milik om ache kali ini adalah perihal kehidupan beliau yang selama ini nggak jauh dari dunia indie kreatif. Kalau urbaners juga mengikuti akun instagram milik beliau, pasti urbaners juga akan sedikit tahu perihal kesehariannya dan lingkup pekerjaannya yaitu sebagai penata rambut di barber shop miliknya sendiri.

Konsep yang lekat dengan dunia indie selama ini adalah konsep berdikari (Berdiri di Kaki Sendiri). Tapi apa urbaners sendiri tahu apa arti berdikari? Menurut KBBI nih, ya, Berdikari bisa diartikan tidak bergantung kepada orang lain, brur. Selain itu semangat berdikari juga sudah tumbuh dan merupakan amanat dari para pendiri bangsa ini, bahwa kita harus berdikari, berdiri di atas kaki sendiri karena kalau berdiri di atas kaki orang lain kan susah juga, brur!. Ketika banten urban bertanya perihal berdikari menurut om ache sendiri, khusunya dalam dunia indie, beliau berkata bahwa “intinya sih untuk jadi orang yang sukses, nggak perlu kita kerja kantoran atau apalah. Dengan jalan independen pun bisa. Kenapa kita nggak buka lapangan kerja sendiri yang santai gak formil tapi tetap ada tujuan”.

Om ache sendiri memulai terjun di dunia kreatif sejak 1997 dalam dunia bermusik dengan band Clinic yaitu band indie dengan aliran Ska Punk, lalu berlanjut pada tahun 2000 dengan Band Sploist ldan terus berkembang hingga menghasilkan bentuk produk kreatif lainnya.

 FYI Om Ache saat ini sedang mem-vakum-kan dirinya dari kehidupan bermusik. “capek sih enggak (bermusik, red.) nggak pernah capek, tapi takut nggak fokus salah satunya, jadi istirahat dulu dari band dan berdikarinya dulu yang jadi fokus”.

Kalau bicara dunia kreatif dan indie nih, brur, kita bakal banyak bicara tentang tantangan di dalamnya. Begini, deh. Ketika lo bekerja di dunia yang bukan “indie” misalnya, tantangan di dunia kerja lo nggak akan sebanyak apa yang ada di dunia indie yang notabene lo harus memulai semuanya sendiri dan lepas dari semua hal yang “mainstream”. Begitu-pun ketika banten urban bertanya kepada Om Ache perihal tantangan di dunia indie, “kita dituntut untuk selalu kreatif. Kalau nggak gitu kan di sini industri kreatif nggak satu doang. Kreatifitas kita musti dipompa terus supaya nggak ketinggalan sama yang lain.”

Salah satunya inovasi yang dilakukan beliau adalah dalam produk Brave Inc. yang dimilikinya. Brave Inc. diharapkan dapat menyentuh kalangan yang lebih luas dari Brand Hooliglam yang sebelumnya sudah ada. “Pengennya sih kalau brave ini muncul biar pasarnya lebih luas. Biar umum. Karena sebelumnya Hooliglam lebih indentik dengan dunia Band.”

Nah, urbaners. Dikesempatan ngobrol singkat bareng Om Ache ini ada sedikit pesan buat kita yang lebih muda dari beliau. Om Ache berkata “anak muda harus lebih kreatif karena segala sesuatunya sudah lebih mudah. Karena apa yang kita butuhkan sudah lebih mudah didapatkan. Jangan jadi orang orang yang konsumtif banget, lah.”

Kapan lo mau mulai berdikari, brur? Untuk yang sudah berdikari, lo harus lebih kreatif dan inovatif, supaya semuanya bisa berkembang seperti apa yang bisa kita lihat dari perjalanan Om Ache. Oiya kalau kalian ingin berkunjung dan ngobrol bersama Om Ache, lo semua bisa dating langsung ke Barber Shop milik beliau. Cukur rambut sambil sharing kan asyik, brur.

Sampai ketemu di minggu depan dengan sosok sosok kreatif lainnya, brur. Ciao!

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR