Hai urbaners, seminggu yang lalu tepatnya tanggal 27 Oktober 2016 Marvel baru saja merilis film super hero terbaru mereka, yaitu Doctor Strange! Bagi kalian yang belum menonton filmnya, ketika baca artikel ini hati-hati ya, karena akan ada spoiler dikit hehe

Bagi kalian pencinta komik marvel tentunya tidak asing lagi dengan karakter marvel yang satu ini, tetapi bagi kalian yang mengikuti cerita marvel versi Marvel Cinematic Universe (MCU), mungkin karakter ini adalah karakter baru yang cukup asing ditelinga kalian. Sebelum kita mereview filmnya alangkah baiknya jika kita berkenalan dahulu dengan karakter yang bisa dibilang salah satu super hero terkuat diantara karakter-karakter super hero Marvel yang lainnya ini.

Karakter Doctor Strange diciptakan oleh komikus Marvel bernama Steve Ditko, salah satu komikus terkenal marvel bersama Stan Lee. Karakter Dr Strange pertama kali muncul dalam dunia Marvel yaitu pada komik Strange Tales Vol 110 yang diterbiktan pada bulan Juli 1963.

Nama asli karakter fiksi ini adalah Stephen Vincent Strange, dia adalah seorang Dokter Bedah asal New York Amerika. Dr Strange adalah superhero yang sedikit berbeda dengan karakter superhero yang lain. Jika biasanya superhero lain lebih mengedepankan sains sebagai kekuatan mereka, Dr Strange justru membawa nuansa magic sebagai kekuatan utamanya, yup dia adalah seorang penyihir urbaners.

Film Doctor Strange

Oktober 2016 merupakan debut pertama Dr Strange dalam dunia Film. Film solonya ini merupakan bagian dari phase 3 dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Sebelum film ini tayang, banyak yang menyangsikan kalau karakter Dr Strange yang notabennya memiliki latar belakang magic akan sulit untuk masuk kedalam MCU. Tetapi nyatanya anggapan dan kekhawatiran beberapa pihak tersebut terbantahkan ketika film besutan produser Kevin Feige ini rilis di layar lebar.

Muncul dengan aktor-aktor hebat macam Benedict Cumberbatch, Rachel McAdams, dan Tilda Swinton, Dr Strange ternyata mampu menyita perhatian dunia dengan kualitas film yang bisa terbilang sangat bagus. Mulai dari alur cerita hingga penggunaan teknologi CGI yang mengagumkan membuat film ini mendapatkan sambutan positif dari para penikmat film. Situs film IMDB pun berani memberi nilai 8 untuk film ini, terhitung sangat lumayan untuk ukuran superhero debutan.

Khusus penggunaan CGI, menurut penulis sangat penting mengingat hampir semua karakter Dr Strange disini memainkan kekuatan sihir dan menggunakan latar dunia magic yang tidak masuk akal, penggunaan CGI yang apik akan menentukan sukses tidaknya film ini.

Secara keseluruhan, selain efek CGI yang mengagumkan, alur cerita yang menarik dan dengan diselipkan beberapa humor berkelas memang yang menjadi daya tarik utama dari film ini. Pembawaan karakter Benedicht sebagai Dr Strange juga mendapatkan pujian dari berbagai pihak. Terkhusus untuk Tilda Swinton yang sempat diragukan mampu membawa karakter Ancient One karena karakter asli Ancient One versi komik adalah laki-laki mampu membawakan karakter sosok guru Dr Strange tersebut dengan sangat apik.

Tilda Swinton pemeran Ancient One rela mencukur habis rambutnya untuk mendalami peran guru dari Dr Strange tersebut
Tilda Swinton pemeran Ancient One rela mencukur habis rambutnya untuk mendalami peran guru dari Dr Strange tersebut

Mengenai alur cerita, tidak jauh berbeda dengan versi komik cerita awal film ini mengisahkan Stephen Strange (Benedict) seorang dokter ahli bedah terkenal yang mengalami kecelakaan mobil ketika hendak menuju rumah sakit. Imbas dari kecelakaan tersebut ternyata membuat dirinya kehilangan beberapa syaraf di organ tubuhnya yang membuat tangannya selalu bergetar dan sulit dikendalikan. Hal tersebut ternyata membuat karirnya sebagai dokter bedah usai.

Kenyataan tersebut ternyata tidak dapat diterima oleh Strange. Ia sempat mengalami depresi dan menjadi sangat tempramen, yang berakibat kepada kehidupan sosialnya. Salah satunya adalah Christine Palmer (Rachel McAdams) teman wanita Strange yang pergi meninggalkan Strange karena sakit hati dengan tingkah laku dari Strange yang tempramen.

Sampai akhirnya Strange mendapatkan informasi dari salah satu pasien yang pernah divonis tidak akan bisa sembuh justru akhirnya sembuh bahwa ada seorang yang dapat membuatnya kembali normal seperti dahulu. Strange pun akhirnya memulai petualanngannya mencari tempat penyembuhan tersebut yang berada di Khatmandu Nepal.

download

Strange berhasil menemukan tempat yang katanya dapat mengembalikan dirinya kembali normal tersebut. Disinilah dia bertemu Ancient One (Tilda Swinton) yang kelak menjadi guru spiritual Strange.

Sempat ditolak karena kesombongan dan sifat arogan yang dimiliki Strange, The Ancient One pun akhirnya menerima untuk menyembuhkan dan memberikan pelajaran sihir kepada Strange. Dan ternyata disinilah titik balik dari Seorang Stephen Strange yang tadinya seorang ahli bedah terkenal menjadi seperhero penyihir yang bisa dibilang salah satu superhero terkuat di jagat marvel.

Stephen Strange mulai menguasai beberapa sihir dan beberapa artefak seperti jubah terbang yang bernama Cloack of Levitation dan kalung Eye of Agamotto yang menjadi identitasnya. Sihir dan artefaknya tersebut lah yang akhirnya menjadi senjatanya dalam melawan musuh-musuh yang dilawannya dalam film ini seperti Kecilius dan Dormammu.

FYI nih urbaners, ternyata dalam film ini Benedicht tidak hanya memerankan karakter Dr Strange saja loh urbaners. Berdasarkan penuturan radiotimes.com Benedicht juga ternyata pengisi suara Dormammu! Ya salah satu musuh utama Dr Strange! Jadi lucu ya sebenarnya Benedicht melawan dirinya sindiri kalau dipikir-pikir hahaha.

Oia urbaners kalau kamu baru ingin menonton film ini, ketika film ini usai, seperti biasa Marvel selalu menghadirkan Mid credit dan Post credit. Jadi jangan keluar bioskop dulu yaw, tunggu sampai credit selesai. Karena ada beberapa kejutan dalam Mid dan Post Creditnya loh hehe.

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR