Bantenurban.com – fresh media online

Dalam kurun waktu seminggu ini mungkin urbaners mendengar lagi hangat-hangat nya topik mengenai website pemerintah revolusimental.go.id yang konon memakan biaya 140 milyar, angka yang fantastis untuk sebuah pembuatan website, akan tetapi dana sebesar itu tidak semua diperuntukan untuk membangun sebuah website akan tetapi untuk hal melakukan sebuah gerakan seperti sosialisasi, beriklan, membuat video dll. hmm akan tetapi kembali lagi ke publik seperti apa menilainya, dan inilah keseruan berbagai tanggapan mengenai isu ini:

seperti sumber dari kapanlagi.com

Zaman sekarang ini jaringan internet dan sosial media memang punya kekuatan lebih dalam menyampaikan pesan. Jadi sudah bukan hal baru lagi ketika sebagian besar masyarakat atau pemerintah sekali pun ikut menyampaikan pesan atau aspirasinya melalui media tersebut.

Seperti baru-baru ini program komunikasi publik bernilai sekitar 140an miliar sudah diluncurkan oleh Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) pada Senin kemarin. Program yang kini sudah berwujud menjadi sebuah website yang bertajuk revolusimental.go.id ini nyatanya berhasil direalisasikan setelah pengajuan dana pada bulan Februari lalu, seperti dilansir melalui Merdeka.

Inilah tampilan website yang baru diluncurkan oleh Kementrian (PMK) ©Kaskus

Inilah tampilan website yang baru diluncurkan oleh Kementrian (PMK) ©Kaskus

Sejak kabar ini merebak, netizen memang penasaran dengan program yang mereka nilai tidak masuk akal ini. Sehingga, dari sejak awal mereka sudah menanti-nanti hari peluncuran website komunikasi publik itu. Namun, apa yang mereka dapat ternyata di luar dugaan ekspetasi mereka. Tak pelak mereka pun sedikit kecewa dengan program ratusan miliaran tersebut.

Bagaimana tidak kecewa, netizen juga terhitung sebagai masyarakat yang melek teknologi tersebut menyebutkan bahwa website itu tidak pantas dengan nilai proyek yang disebutkan habis sekitar 140 miliaran rupiah. Menurut mereka nih, meski ditujukan untuk masyarakat agar bisa mengetahui informasi terkini tentang pemerintah. Tapi, bagi netizen ini tak lebih sebagai bentuk pemborosan yang baru.

Walaupun, kabarnya dana sekitar Rp 140 miliar program revolusi mental akan digunakan sebagai biaya sosialisasi. Salah satunya belanja iklan, produksi film, dialog publik dan mungkin salah satunya berbentuk website ini. Namun, netizen tetap bersikukuh bahwa dengan dana program sekian itu tampilan website revolusi mental tersebut harusnya jauh lebih baik dan tidak sampai overload.

Sebagian kecil komentar dari netizen ©Kaskus

Sebagian kecil komentar dari netizen ©Kaskus

Apalagi, desain tampilan website itu terkesan murahan dan diperkirakan mendapat bantuan soal domain dari kominfo. Dan sedikit banyak website ini akhirnya dirasa kurang layak dengan dana yang diajukan oleh departemen tersebut. Belum lagi, menurut mereka dengan website yang bentuknya seperti itu kemungkinan besar malah lebih mudah dicacati atau dirusak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa dari netizen juga menambahkan bahwa desain tersebut juga mirip dengan tampilan website yang diluncurkan oleh Presiden Amerika Serikat saat ini. Wah, kalau menurut kalian bagaimana ya? Apa benar dana 140an miliar untuk setahun itu terlalu besar untuk program revolusi mental dan hasil proyek website awal yang seperti ini? (mdk/kas/vit)

komentar para kaskuser

thread yang di buat oleh kaskuser akhirnya menjadi power yang sangat kuat sehingga terblow up dan menjadi pemberitaan media massa.

Original Posted By rsryomantap2

Kalo kena kayak gitu, itu URL dihapus gan : dari revolusimental.go.id/gerakan hapus jadi revolusimental.go,id aja
Salah kali tuh redirectnya

Iya, udah pake wordpress, eh nyontek pula website obama
Sama persis, bahkan yg bagian jualan kaos

Bener2 revolusi mental : https://www.barackobama.com/


Original Posted By Banned.
ini beneran web resmi???

BW nya abis tuhhh

edit : skrg uda bs lagi tuh
edit lagi : buka page laen nongol resource limit lagi

mana kagak di private lagi


Original Posted By ixan.
gimana tampilannya nggak sama
CSSnya aja copas dari webnya Obama

webnya obama : https://secure.assets.bostatic.com/a…ure/monroe.css
webnya “revolusimental” : http://www.revolusimental.go.id/gera….css?ver=1.0.0

coba discroll dari bawah, cuma njiplak, bedanya paling dikasih enter doang + custom dikit

udah gitu CSSnya ngaku-ngaku dikasih copyright pula

ini asli dari webnya Obama (link pertama di atas):

ini webnya RM (link ke-2 di atas)

——————-

yang paling penting, jangan lupa donasi buat Obama yak

link javascriptnya : http://www.revolusimental.go.id/gera…roe.js?ver=1.0

——————-

bukan masalah copasnya, “revolusi mental”nya itu lho, ironis


Original Posted By siswasd
Mungkin saya bisa dibilang “sedang kesal”..melihat proyek revolusi mental
dibandrol dengan harga 140 milyar. Padahal Uang sebanyak itu sangat
bermanfaat untuk masyarakat kecil jika dialokasikan ke yang lebih baik.

Saya hanya akan katakan satu hal kepada kalian yang terlibat dengan proyek website ini,

“Kalian tidak perlu menjadi presiden/pejabat untuk mengurangi penderitaan kami, rakyat kecil. Kalian hanya perlu menjadi manusia..”

***note: buat admin website 140 milyar, silahkan hapus file zip yang saya buat di server anda***

Salam!
Kaito Kid
https://www.facebook.com/profile.php…00009930075270
***********************************************************

Mungkin saya akan ditangkap dan dipenjara karena hal ini. Jadi saya menolak utk deface, setidaknya saya bisa dapat keringanan jika tertangkap. Mohon maaf jika ada yang kritik/bingung dengan analisa saya dibawah ini. Dan mohon izin juga kepada master-master IT disini , saya harus katakan apa yg saya tahu aja:

1. Desain website copy paste dari situs barrackobama(dot)com

Meniru dan memodifikasi sih boleh-boleh saja, namun teknis copas untuk desain website resmi pemerintah sebaiknya jangan dilakukan. Website adalah penampilan dan representatif oleh sang pemilik website itu sendiri. Jika website jelek, maka pemilik website dinilai jelek. Client kita mungkin tidak mengerti dan tidak tahu darimana inspirasi desain yang kita dapatkan. Tetapi ketika publik tahu bahwa desain website adalah copas dari tetangga sebelah, yang dicibir dan diejek adalah client. Bukan anda sebagai web designer.

2. Pemilihan Hosting

Menggunakan hosting murah di Idwebhost (maaf, murah disini tidak berarti perusahaan hostingnya murahan!) untuk mendapatkan keuntungan lebih, itu juga salah.

Saya tegaskan bahwa mengubah nameserver ke cloudflare tidak akan menyembunyikan lokasi hosting (setidaknya, bagi saya). Saya bisa melihat bahwa revolusimental kini dipindahkan ke IP 219.83.68.84 yang saya telusuri bahwa IP tersebut adalah dari perusahaan hosting Indosatm2(dot)com, sepertinya yang dicari adalah layanan hosting yang unlimited. Apa yang terjadi jika IP tersebut di DDoS pakai LOIC?

Saya melakukan reverse IP dan melihat bahwa server tersebut adalah shared hosting, selain revolusimental ada chichakidz.com, hijaualam.com, lokercikarang.com, modoomarble.tk, salonmurah.com, tawaketawa.com ….. Saya sarankan untuk menggunakan private server sajalah.

3. Pengaturan Keamanan

Saya lihat isi dari wp-config.php website ini, kekuataan passwordnya sudah cukup oke. Tapi jangan lupa bahwa database bisa diremote lho, cukup ganti localhost menjadi alamat IP, maka kelar sudah website ini.

// ** MySQL settings – You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘prajnaid_r3v0t4l’);

/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘prajnaid_r3v0t4l’);

/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘@S4S(4P3Xw’);

Saya cek juga, revolusimental(dot)go(dot)id/gerakan/wp-login.php?action=register
Juga sudah di disabled, sepertinya menginstall plugin wordefence cukup tepat, meski tidak mengganti path default (wp-admin) untuk login dashboard.

Yang bikin saya aneh, adalah terdapatnya plugin TAC, Theme Authenticity Checker! Kenapa discan lagi template nya? Seperti gak yakin bahwa theme yg diaktifkan saat ini 100% aman… hehehehe…

Dan yang terakhir, saya bagi-bagikan template 140 milyar ini kepada publik gratis, siapa tau ada publik yang berhasil menjualnya dengan harga yang sama… untuk download silahkan klik link berikut:

http://d-h.st/7TOa

Saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada agan-agan disini yang mau menjadikan reply saya ini menjadi thread di kaskus tanpa merubah isi. Akun kaskus saya ini masih baru.


Jika download link dihapus, silahkan hubungi saya melalui akun FB diatas.


Panel admin di hack

 

Tolong di pekiwan gan, panel admin nya sudah dihack


Original Posted By rsryomantap2

Kemahalan, gue dah kasih perhitungan :

Beli domain .go.id setahun —————— 125.000 (anggap .id itu 500.000 deh samain)
Hosting di Idwebpro yg paket pro 60rb/bulanx12 ——————– 7.200.000,-

Jadi total cuma 7.700.000 maksimal

WordPress gratis, di Cpanel udah ada Softacolous, udah ada WordPress, tinggal install aja, free
CloudFlare juga udah fasilitas dari hosting

Mungkin malah ambilnya 5rb/bulan jadi setaon cuma 60ribu

Lagian lokasi di Jakarta, kenapa beli hosting aja sampe ke yg Jogyakarta yah?


Original Posted By hacktivismo

wew, 20 juta untuk web wordpress copas shared hosting dibilang murah gan?

nih gan, beli VPS di DO sebulan cuma $5 x12 = $60 / tahun…
wordpress = free
wordpress premium themes di envato cuma $59
domain itu disponsori sama kominfo…

jadi untuk web sekelas wordpress cuma perlu modal $119 doang setup awalnya, next year cuma $60…
masa iya untuk jasa developernya 17jutaan cuma untuk copas website, udah digaji mahal, bikin malu pemerintahan pulak, wkwk
harga 20juta mah cocoknya kalo developernya bikin CMS sendiri, kagak make CMS gratisan, wkwk


 

Orang yang mendaftarkanya

Original Posted By sixzero.60



Info dari bang gren , makasih abang gren mau ngasih tau

EDITED : dan ternyata seperti ini

gue miris melihat programer pemerintah ,web vuln bukanya di patch malah cuma bisa maen restore makan gajih buta tuh programmer pemerintah


Original Posted By MasBatosai
Tambahin ke depan ya gan,

Ternyata web revolusi mental, satu server sama web SEDOT WC, OBAT KU*T DAN OBAT ABOR*I
IP SERVER 219.83.68.84

Bisa cek di sini : http://www.viewdns.info/reverseip/?h…ntal.go.id&t=1


Original Posted By rsryomantap2

Kemahalan, gue dah kasih perhitungan :

Beli domain .go.id setahun —————— 125.000 (anggap .id itu 500.000 deh samain)
Hosting di Idwebpro yg paket pro 60rb/bulanx12 ——————– 7.200.000,-

Jadi total cuma 7.700.000 maksimal

WordPress gratis, di Cpanel udah ada Softacolous, udah ada WordPress, tinggal install aja, free
CloudFlare juga udah fasilitas dari hosting

Mungkin malah ambilnya 5rb/bulan jadi setaon cuma 60ribu

Lagian lokasi di Jakarta, kenapa beli hosting aja sampe ke yg Jogyakarta yah?

 

ya, netizen berperan sangat penting dalam mengawasi beberapa fenomena yang terjadi di Indonesia, bagaimana tanggapan urbaners ? apakah mempunyai opini lain? silahkan berikan komentar di bawah ini. terima kasih.

 

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR