Bantenurban.com – fresh media online

Yes!, kekuatan komunitas dan media akhirnya memberikan efek domino yang positif, akhirnya komunitas dan sekumpulan urbaners yang memiliki ke kepedulian terhadap Banten khususnya pada alam dan kehidupannya seperti MiniwalkBanten, ExploreBanten, dan DiscoverBanten ikut bergabung dalam kegiatan ini.

Tepat tanggal 19 Agustus 2015 lalu telah diadakan sebuah gerakan kegiatan tanam mangrove yang berlokasi di BAPPL – STP Karangantu Banten. oke mungkin coba di jelaskan lebih dulu kepanjangan dari BAPPL dan STP, BAPPL adalah (Bagian administrasi Pendidikan dan Pelatihan Lapangan ) dan STP adalah Sekolah Tinggi Perikanan.

Gerakan tersebut bermaksud untuk menjaga keseimbangan alam terutama di bagian pesisir pantai yang di tujukan untuk generasi muda mendatang. selain miniwalkbanten, explorebanten, dan discoverbanten masih banyak urbaners yang gabung dalam kegiatan ini seperti SMAN 4 Kota serang dan Nurul fikri.

1440639206171

Berawal dari banyaknya urbaners yang akhir-akhir ini sering mengunjungi hutan mangrove di STP untuk mengetahui informasi mengenai ekosistem mangrove serta merekam keindahan hutan mangrove, akhir nya panitia memberikan informasi mengenai adanya gerakan tanam mangrove, seperti yang di katakan oleh annisadp (salah satu relawan),”kak Jio yang kebetulan sedang mengunjungi hutan mangrove lalu diinformasikan oleh panitia agar mengajak teman-temanya untuk berpartisipasi pada gerakan tanam mangrove. Kak jio langsung memberitahukan teman-teman komunitasnya untuk bergabung dalam kegiatan ini.”

1440639182669

Kegiatan Tanam mangrove tersebut di mulai pada pukul 07.00 pagi di mulai dengan apel dan briefing terhadap relawan, lalu mengambil kurang lebih 10.000 bibit mangrove yang kemudian langsung menanamkanya di pesisir pantai karangantu yang bertepatan di belakang STP.

1440639199215

Para relawan dengan lihai menanam para bibit agar tumbuh besar seperti apa yang telah kita nikmati dengan hutan mangrove sekarang.

1440639187244

1440639178514

keseruan mewarnai acara kegiatan ini, membaurnya mahasiswa dari STP dan beberapa relawan memberikan kesan tersendiri. kemudian pukul 12.00 siang penanaman mangrove akhirnya selesai, relawan membersihkan bagian badan yang terkena lumpur dan langsung beristirahat.

1440639191946

kumpul kembali dan apel yang mendadakan kegiatan telah berakhir, semua relawan kembali ke rumah masing-masing dengan membawa banyak ilmu dan sekali lagi mereka datang dengan sukarela dan telah berkontribusi terhadap alam dan generasi yang akan datang.

 

 

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR


*