I’m wake! I’m wake! I’m wake! – Cody

Mimpi indahmu menjadi kenyataan itu pasti menyenangkan ya, urbaners? Tapi, bagaimana jika mimpi buruklah yang menjadi kenyataan? Tidak hanya menjadi kenyataan, tapi orang-orang di sekelilingmu juga terteror oleh mimpi burukmu itu. Horor, kan?

Adalah Cody (Jacob Trembly), bocah 8 tahun yang selalu mengalami mimpi menjadi nyata itu. Ia diadopsi oleh suami isteri yang baru kehilangan putra semata wayang mereka, Jessie (Kate Bosworth) dan Mark (Thomas Jane). Kesepian dan kesedihan akibat kehilangan putra pun sirna dengan kehadiran Cody di rumah mereka. Cody pun sangat menyukai orang tua asuhnya itu seperti ia menyukai kupu-kupu.

Saking bahagianya, Cody bermimpi bermain bersama kupu-kupu. Sontak saja, mimpinya menjadi kenyataan. Di dalam rumah mendadak banyak kupu-kupu. Meski Jessie dan Mark heran, namun mereka juga senang melihat begitu banyak kupu-kupu yang indah di rumah mereka. Tapi, keanehan terjadi ketika kupu-kupu itu hilang. Selain itu, sosok putra mereka juga hadir dan menghilang begitu Cody terbangun.

Keanehan demi keanehan terjadi. Cody sadar, mimpinya selalu menjadi kenyataan. Karena itu ia berusaha untuk tidak tidur. Tapi, di sekolah ia tertidur dan seorang anak yang berniat mengerjai Cody pun terkena akibatnya. Polisi mengintrogasi Cody atas menghilangnya teman sekelas itu.  Cody semakin ketakutan. Saking ketakutannya, antara sadar dan tidak Cody dihantui teman sekelasnya itu.

Puncak teror terjadi ketika Jessie membawa Cody ke dokter dan membuatnya harus menelan pil tidur. Cody tidur lelap dan bermimpi buruk. Mimpi itu menjadi kenyataan dan meneror habis-habisan kedua orang tua asuhnya. Cody yang terbius tak bisa bangun sama sekali.

Film yang disutradarai Mike Flanagan ini mestinya rilis tahun lalu. Tapi karena perusahaan produksinya mengalami kebangkrutan, rilisnya kemudian diundur. Selain itu, sebelumnya juga film ini dijadwalkan tayang pada 8 April 2016 hingga kemudian diubah menjadi TBD (to be dated) alias entah kapan tayangnya. Film yang hadir dengan rating “PG-13” karena menghadirkan kengerian, konten kekerasan dan teror ini diproduksi  oleh Intrepid Pictures dan Demarest Films dan didistribusikan oleh Relativity Media.

Entah karena penulis skenario Flanagan dan Jeff Howard sedang tidak merasakan kehororan dalam hidupnya—selain kenyataan filmnya mundur rilis, tingkat kehororan di film yang memiliki judul lain, Somnia, ini tergolong klasik. Misalnya saja, kemunculan hantu di bawah tempat tidur. Adegan seperti itu sepertinya sudah umum di film horror mana pun juga. Tapi, jika kamu mau menyisihkan praduga-praduga pada plot film ini dan menyisihkan adegan film horor lain yang pernah kamu tonton, kamu juga bisa menikmati horor ala Flanagan dan Howard ini dengan tenang. Maksudnya, kamu masih bisa ke kamar mandi sendirian meskipun lampunya mati atau kedap-kedip seperti sedang berdisko.

Kehororan yang nyata akan terjadi, bila setelah menonton film ini kamu bermimpi buruk dan menjadi kenyataan seperti Cody. Apalagi bila kamu sendiri yang merasakan akibat dari mimpi burukmu sendiri. Itu baru horor yang sesungguhnya. Semoga tidak, ya.

Sutradara        : Mike Flanagan
Pemain           :
  Jacob Tremblay sebagai Cody
  Thomas Jane sebagai Mark
  Kate Bosworth sebagai Jessie
  Annabeth Gish sebagai Natalie
  Dash Mihok sebagai Whelan
  Kyla Deaver sebagai Annie.

Genre              : Horor
Bahasa            : Inggris
Tanggal Rilis   : TBD (to be dated)
Durasi              : 96 menit

Komentar

TIDAK ADA KOMENTAR